Monday, August 29, 2016

Penjelasan Apa Itu Penyakit ADHD ?


Apa Itu ADHD? (kucarisehat.blogspot.co.id)
ADHD ialah singkatan dari Attention Deficit Hyperactivity Disorder, suatu syarat yg pernah dikenal menjadi Attention Deficit Disorder (sulit dalam hal memusatkan perhatian), Minimal Brain Disorder (ketidak beresan kecil pada otak), Minimal Brain Damage (kerusakan kecil di otak), Hyperkinesis (terlalu poly berkiprah/aktif), serta Hyperactive (hiperaktif). Ada kira-kira tiga s/d 5% anak usia sekolah menderita ADHD.

Apa Adhd ?

Tanda-tanda ADHD

ada tiga pertanda utama anak yg menderita ADHD, yaitu:
tidak terdapat perhatian. Ketidakmampuan memusatkan perhatian di beberapa hal mirip membaca, menyimak pelajaran, atau melakukan permainan. Seorang yang menderita ADHD akan praktis sekali teralih perhatiannya karena bunyi-bunyian, bau-bauan, gerakan maupun pikiran, namun bisa memusatkan perhatian dengan baik Bila terdapat yg menarik minatnya.
Hiperaktif. Memiliki terlalu poly tenaga. Misalnya berbicara terus menerus, tidak bisa duduk diam, selalu bergerak, dan  insomnia.
Impulsif. Bertindak tanpa dipikir, misalnya mengejar bola yg lari ke jalan raya, menabrak pot bunga pada saat berlari di ruangan, ataupun ketika penderita berbicara tanpa dipikirkan terlebih dahulu akibatnya.
Setiap anak yg acapkali bertindak mirip contoh-model diatas selama lebih berasal enam bulan berturut-turut, dibandingkan menggunakan anak seusianya, dapat didiagnosa menderita ADHD. Tanda-tanda ini umumnya muncul sebelum si anak berusia enam tahun.

Jenis ADHD

ADHD adalah sebuah kondisi yg amat kompleks; gejalanya berbeda-beda. Para ahli memiliki perbedaan pendapat mengenai hal ini, akan tetapi mereka memakai jenis ADHD berikut adalah:
Tipe anak yang tidak mampu memusatkan perhatian. Mereka sangat mudah terganggu perhatiannya, namun tidak hiperaktif atau impulsif. Mereka tidak memberikan gejala hiperaktif. Tipe ini kebanyakan terdapat pada anak perempuan  . Mereka acapkali melamun dan  dapat digambarkan mirip sedang berada pada jumantara.
Tipe anak yang hiperaktif serta spontan. Mereka memberikan gejala yang sangat hiperaktif dan  spontan, tetapi tidak bisa memusatkan perhatian. Tipe ini sering ditemukan pada anak-anak kecil.
Tipe adonan mereka sangat praktis terganggu perhatiannya, hiperaktif dan  spontan. Kebanyakan anak-anak termasuk tipe mirip ini.

Penyebab ADHD

Sayang sekali penyebab sebenarnya tak diketahui. Teori usang mengatakan penyebabnya antara lain ialah keracunan, komplikasi di ketika melahirkan, alergi terhadap gula serta beberapa jenis kuliner, serta kerusakan di otak. Meskipun teori ini ada benarnya, banyak masalah ADHD yang tidak cocok dengan penyebab tadi. Penelitian menerangkan bahwa ADHD terdapat hubungannya dengan genetika seseorang anak. Bukan berarti kalau salah  seseorang orang tua menderita ADHD, si anak juga akan menderita ADHD. Pula tidak berarti Jika si anak menderita ADHD karena ada kerabat dekat yg menderita ADHD. ADHD si anak bukan berarti kesalahan terdapat di anda. Kadang kadang anda merasa menjadi orang tua yang tidak baik yg tidak bisa mengatur si anak, atau mungkin ada orang lain atau seseorang pengajar yg mengatakan bahwa anda bukanlah orang tua yang baik. Yakinkan bahwa anda melakukan yang terbaik buat anak anda.
Di anak menggunakan ADHD, sistem kerja otaknya tidak sinkron. ADHD bukan ditimbulkan karena kesulitan pada ketika kehamilan atau melahirkan. Pada dasarnya, otak penderita ADHD tidak memiliki aktivitas kimiawi yg relatif untuk mengatur dan  mengendalikan apa yang si penderita lakukan atau pikirkan. Pengobatan akan mempertinggi kegiatan otak serta memberikan energi tambahan di dalam otak  guna mengendalikan pikiran dan  tingkah laku .

1 comments: