Monday, August 29, 2016

Awas Penyakit Mematikan langka Guillain Barre Syndrome (GBS)

penyakit gbs syndrome

Awas Penyakit Mematikan langka Guillain Barre Syndrome (GBS)

Guillain Barre Syndrome (GBS) Marak heboh di social media mengenai penyakit ini mari kita bahas apa sih penyakin ini
GBS atau Guillain Barre Syndrome adalah penyakit legend atau langka yg mengakibatkan tubuh sebagai lemah kehilangan kepekaan yang umumnya bisa sembuh tepat pada hitungan minggu, bulan atau tahun. GBS mengambil nama berasal 2 Ilmuwan Perancis yaitu bernama, Guillain dan  BarrĂ© , yang menemukannya yaitu ke dua orang prajurit perang di tahun 1916 yang mengidap kelumpuhan kemudian sembuh selesainya mendapatkan perawatan medis. Penyakit ini menjangkiti satu dari 40,000 orang tiap tahunnya.

1. Sifat-sifat GBS:

- bisa terjangkit pada seluruh tingkatan usia mulai dari anak-anak sampai dewasa jarang ditemukan di manula
- Lebih seringkali ditemukan pada kaum pria
- Bukan penyakit turunan
- tidak dapat menular lewat kelahiran, terinfeksi atau terjangkit dari orang lain yg mengidap GBS
- namun, mampu muncul seminggu atau 2 minggu sesudah infeksi usus atau tenggorokan.

Dua. Apa tanda-tanda GBS?

Guillain Barre Syndrome biasanya bergejala awal: rasa seperti ditusuk-tusuk jarum diujung jari kaki atau tangan atau mangkat  rasa di bagian tubuh tersebut. Kaki terasa berat serta kaku atau mengeras, lengan terasa lemah serta telapak tangan tidak bisa menggenggam erat atau memutar sesuatu menggunakan baik (buka kunci serta buka kaleng dll)

dari gejala-gejala awal inipun dapat hilang dalam tempo saat beberapa minggu, penderita umumnya tak merasa perlu perawatan atau susah menjelaskannya pada tim dokter buat meminta perawatan lebih lanjut karena gejala-tanda-tanda akan hilang di ketika diperiksa. Gejala tahap berikutnya disaaat mulai ada kesulitan berarti, misalnya: kaki susah melangkah, lengan menjadi sakit lemah, serta kemudian dokter menemukan syaraf refleks lengan sudah hilang fungsi.

Tiga. Apa penyebab GBS?

Guillain Barre Syndrome ada dari pembengkakan syaraf peripheral, sehingga menyebabkan tak adanya pesan berasal otak untuk melakukan gerakan yg dapat diterima oleh otot yg terjangkit. Sebab poly syaraf yg terserang termasuk yaitu syaraf immune sistem oleh karena itu sistem immune kekebalan tubuh kita pun dapat rusak. Menggunakan tidak diperintahakan dia akan menngeluarkan cairan sistem kekebalan tubuh ditempat-tempat yg tidak diinginkan. Menggunakan pengobatan maka sistem kekebalan tubuh akan berhenti menyerang syaraf serta bekerja sebagaimana mestinya.

4. Bagaimana GBS bisa ter-diagnosa?

Diagnosa Guillain Barre Syndrome didapat asal riwayat serta akibat test kesehatan baik secara fisik maupun test laboratorium. Berasal riwayat penyakit, obat2an yg biasa diminum, pecandu alcohol, infeksi2 yg pernah diderita, gigitan kutu maka Dokter akan menyimpulkan apakah pasien masuk pada daftar pasien GBS. Tidak lupa juga riwayat penyakit yang pernah diderita pasien juga famili pasien misalnya penyakit diabetes mellitus, diet yang dilakukan, semuanya akan diteliti menggunakan seksama sampai dokter mampu menghasilkan vonis apakah anda terkena GBS atau penyakit lainnya.

Lima. Pasien yang diduga mengidap GBS di haruskan melakukan test:

- Darah lengkap
- Lumbar Puncture
- EMG (electromvogram)

sinkron urutannya, test pertama akan dilakukan kemudian test ke 2 bila test pertama tidak terdeteksi adanya Guillain Barre Syndrome, dan  selanjutnya.

6. Apa yg akan terjadi sesudah test dilakukan?

Tanda-tanda melemahnya syaraf akan nampak semakin parah dalam waktu 4 sampai 6 minggu. Beberapa pasien melemah pada saat relative singkat hingga pada titik lumpuh total pada hitungan hari, tapi situasi ini sangatlah langka. Pasien selanjutnya masuk ke tahap ‘lemah atau tidak berdaya’ pada beberapa hari. Di masa ini umumnya pasien dianjurkan buat ber-istirahat total pada rumah sakit. Meskipun syarat dalam keadaan lemah sangat dianjurkan pasien buat selalu menggerakkan bagian-bagian tubuh yang terjangkit buat menghindari kaku otot. Pakar Fisioterapy umumnya akan sangat dibutuhkan buat melatih pasien menggunakan terapi-terapi spesifik serta akan memberikan pengarahan-pengarahan kepada keluarga dan juga teman-teman si pasien cara-cara  dalam melatih pasien GBS.

7. Apakah GBS menyakitkan?

Ya dan  tidak. Pasien umumnya merasakan sakit yg akut pada saat GBS. Terutama didaerah tulang belakang serta lengan dan  kaki. Tetapi ada juga pasien yang tidak mengeluhkan dari rasa sakit yg hebat meskipun mereka itu mengalami kelumpuhan parah. Rasa sakit muncul berasal pembengkakan dari syaraf yg terjangkit, atau dari otot yang sementara kehilangan suplai energy, atau berasal posisi duduk atau tidur si Pasien yg mengalami kesulitan buat berkiprah atau memutar tubuhnya ke posisi nyaman. Untuk melawan rasa sakit dokter akan memberikan obat penghilang rasa sakit serta perawat akan memberikan terapi-terapi buat me-relokasi bagian-bagian tubuh yang terserang menggunakan terapi-terapi spesifik. Rasa sakit bisa tiba dan  pulang serta itu amat normal bagi penderita GBS.

8. Apakah seorang pasien GBS sangat membutuhkan perawatan yang spesifik?

Pasien umumnya akan melemah dalam saat beberapa minggu, maka asal itu perawatan intensive sangat diharapkan pada termin-tahap dimana GBS mulai terdeteksi. Sinkron menggunakan termin serta taraf kelumpuihan pasien maka dokter akan menentukan apa pasien memerlukan perawatan pada ruang ICU atau tidak.

Kurang lebih 25% pasien GBS akan mengalami kesulitan saat :

- Bernafas
- Kemampuan menelan
- Susah batuk

dalam kondisi tersebut, biasanya seorang pasien akan diberikan berupa bantuan alat ventilator buat membantu pernafasan.

9. Berapa lama   pasien dapat sembuh?

Setelah beberapa ketika, kondisi tewas rasa akan berangsur membaik. Pasien wajib  tetap wapada sebab hanya 80% pasien yang bisa sembuh total, tergantung parahnya pasien mampu berjalan dalam saat hitungan minggu atau tahun. Namun statistic menerangkan bahwa homogen-rata pasien akan membaik dalam waktu 3 hingga 6 bulan. Pasien parah akan menyisakan stigma dibagian yang terjangkit paling parah, memerlukan terapi yangg relatif jadul guna mengembalikan seperti fungsi-fungsi otot yg  lemah atau layu akibat penyakit langka GBS. Biasanya memakan ketika maksimal  4 tahun.

10. Adakah obat buat penyakit ini?

Obatnya hanya terdapat 1 macam yaitu GAMAMUNE ( Imuno globuline ) yg harganya 4jt - 4,lima jt rupiah / botol biasanya obat ini diinfuskan pada pasien menggunakan jumlah yg dihitung asal berat badan, buat lebih jelas permanen wajib  atas petunjuk dokter. 11. Tips perawatan diri  karena penyebab absolut GBS tidak dapat mengarah, tidak terdapat cara yang diketahui buat mencegahnya. Namun, penting buat segera mencari perawatan medis buat setiap tanda-tanda kelemahan otot serta hilangnya refleks. Perawatan dini mempertinggi prospek buat pemulihan.

2 comments: