Monday, August 29, 2016

Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)


Menjaga dan membatasi asupan garam merupakan galat satu langkah penting buat mencegah dan   mengatasi tekanan darah tinggi. Tetapi ini bukanlah satu-satunya hal yg mampu kita lakukan untuk menjaga tekanan darah permanen sehat. Bagaimana seharusnya pola makan yg akan dijalani oleh si penderita hipertensi atau buat mencegah syarat hipertensi?

  • Obat Menurunkan Tekanan Darah
  • Makanan Larangan Darah Tinggi
  • Makanan Yang Menyebabkan Hipertensi


Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan keliru   satu penyakit yang ada secara diam-diam. Sulit buat mengetahui seseorang terkena hipertensi, tanpa mengukur tekanan darah.

Kuliner penakluk tekanan darah tinggi
Memang nyatanya garam atau sodium memiliki peran penting, akan tetapi buat menjaga tekanan darah pada kisaran normal, ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan pula selain hanya mengurangi asupan garam.

Kategori Hipertensi
Bagaimana cara mengetahui apakah seseorang terkena hipertensi? Perhatikan yang akan terjadi pengukuran tekanan darah. Nomor  pertama dari dampak pengukuran artinya tekanan darah sistolik, yang berarti ukuran tekanan dalam arteri waktu jantung Anda berdenyut. Lalu angka  yg berikutnya ialah tekanan diastolik yg menandakan tekanan pada antara detak jantung saat jantung Anda beristirahat. Tekanan darah normal adalah kurang dari 120/80

Ketika dampak pengukuran tekanan darah melebihi kisaran normal, maka bisa dikategorikan sebagai berikut:


  • Prahipertensi. Tekanan darah yang berkisar antara 120-139 buat angka  sistolik atau 80-89 buat tekanan diastolik.
  • Hipertensi termin 1. Jika tekanan sistolik Anda 140-159 ataupun tekanan diastolik 90-99.
  • Hipertensi tahap 2. Pada ketika tekanan sistolik 160 atau lebih tinggi ataupun tekanan diastolik 100 atau jauh lebih tinggi lagi.

Kenali Kuliner Makanan Anda
Sebagian orang tak menyadari apa saja yg mereka makan tiap hari, apalagi kandungannya. Bagi Anda yang ingin menjaga tekanan darah di kisaran normal, bisa mulai menjalani norma mencermati asupan makanan dan  kandungannya.
Kuliner yang tinggi kandungan sodium bisa mempertinggi tekanan darah. Makin sedikit sodium yg Anda konsumsi, maka makin terkendali tekanan darah Anda. Sebaliknya menggunakan poly mengonsumsi makanan yg mengandung potasium, magnesium, dan  serat dapat membantu Anda mengendalikan tekanan darah.

Makanan tinggi sodium diantaranya makanan bks pada kaleng, makanan diproses, dan   makanan siap saji. Apabila diperlukan, buat catatan harian buat mengukur porsi garam pada kuliner yg Anda konsumsi. Jika Anda mengonsumsi kuliner pada bungkus, baca labelnya. Pilih makanan memakai kandungan sodium harian 5 % atau kurang, hindari yang mengandung sodium 20 persen atau lebih.

Selain garam, batasi pula kecap asin yg Anda gunakan saat mengolah pada dapur. Model kuliner yg bisa mengandung garam yg tinggi ialah roti, saus tomat, saus sambal, makanan ringan kerupuk serta  kacang yg telah dibumbui. Batasi juga frekuensi Anda makan pada luar karena cara terbaik mengontrol asupan sodium artinya dengan mengolah sendiri di tempat tinggal  .

Anda mampu membentuk perubahan secara sedikit demi sedikit, contohnya membatasi asupan sodium sekitar 2.400 miligram atau lebih kurang satu sdt. Ketika tubuh telah mengikuti keadaan, maka kurangi lagi sampai 1.500 mg atau sekitar dua/tiga sendok teh. Jumlah itu termasuk sodium yang dikonsumsi secara holistik asal produk kuliner serta  apa yg Anda masak atau sajikan di meja makan. Buat menambah rasa dan   aroma kuliner, Anda bisa menggunakan bumbu rendah sodium mirip berbagai macam rempah alami lain atau cuka.

Pola Makan Ideal                                                                              
tidak ada makanan yg dapat menurunkan tekanan darah tinggi seketika. Tekanan darah di kisaran normal tergantung pada pola makan sehat secara keseluruhan.

Pola makan yg direkomendasikan buat menurunkan tekanan darah tinggi artinya DASH atau Dietary Approaches to Stop Hypertension. Ada beberapa yaitu empat prinsip pokok pola makan.


  • Tingkatkanlah asupan makanan bernutrisi dari biji-bijian utuh, ikan, unggas, dan   kacang-kacangan.
  • Perbanyak jua konsumsi buah, sayur, serta  produk susu rendah lemak.
  • Kurangi garam, makanan serta minuman anggun, dan serta daging merah.
  • Selain itu, kurangilah  makanan yg memiliki kadar tinggi lemak jenuh, kolesterol, dan lemak trans.

Meski impak kafein masih diperdebatkan, namun terdapat kemungkinan zat ini dapat meningkatkan tekanan darah. Cek tekanan darah Anda lebih kurang 30 menit setelah minum kopi atau minuman berkafein lain. Jika tekanan darah Anda naik sampai 10 poin, maka kemungkinan Anda mempunyai sensitivitas terhadap kafein.
Mengonsumsi minuman keras pada jumlah sedikit sampai sedang bisa mengurangi tekanan darah. Tetapi Jika dikonsumsi di jumlah yang poly malah akan mengakibatkan duduk perkara tekanan darah tinggi yg bersifat permanen. Selain itu, minuman keras pula berpotensi bertentangan menggunakan obat antihipertensi sehingga mengurangi keefektifan obat. Mengonsumsi terlalu banyak minuman keras jua bisa menaikkan berat badan seseorang. Kelebihan berat badan ialah keliru   satu pemicu utama hipertensi. Batasi minuman keras yang Anda konsumsi.

Satu langkah investigasi lainnya Bila Anda memiliki kesamaan tekanan darah tinggi artinya memonitor secara teratur. Cobalah untuk memakai indera pengukur tekanan darah yg mampu dilakukan pada tempat tinggal     secara teratur. Konsultasikan hal tadi di sesi kunjungan rutin ke dokter Jika Anda melihat ada perubahan di hasilnya.

0 comments

Post a Comment